File : D Evaluasi diri toni 2018
Format 1: Evaluasi Diri Guru untuk Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Guru)
Nama Sekolah: SMK
NEGERI 4 KENDAL
|
Nomor Statistik
Sekolah: 321032409004
|
||
Alamat:
Jl. Soekarno Hatta
|
Kecamatan:
Brangsong
|
Kabupaten/Kota:
Kendal
|
|
Nama Guru:
Hero Sultoni Comara SPD,MM
|
Tahun Ajaran:
2017/2018
|
Tanggal:
30 APRIL 2018
|
|
A. Kompetensi Inti
|
Evaluasi diri terhadap
kompetensi terkait
|
||
Pedagogik
|
|||
1.
Menguasai karakteristik peserta didik
|
Karakteristik peserta didik saya dalam aspek sosial dan emosional belum
seluruhnya saya kenali , namun sebagian besar nama peserta didik saya hafal (sekitar 80%) .
|
||
2.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar
yang mendidik
|
Berbagai teori belajar dan implementasinya dalam pembelajaran terutama
teori-teori belajar yang sekarang dirujuk, misalnya teks interaksi transaksional
|
||
3.
Pengembangan kurikulum
|
Dalam menyusun RPP sesuai pendidikan karakter bangsa, saya belum
mengacu pada standar yang benar
|
||
4.
Kegiatan belajar yang mendidik
|
Saya sudah dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai RPP
yang saya buat, tetapi belum paham bagaimana strategi pembelajaran yang
mendidik itu implementasinya di kelas
|
||
5.
Pengembangan potensi peserta didik
|
Saya belum dapat mengoptimalkan pengembangan potensi peserta
didik terutama dalam aspek potensi intelektual.
|
||
6.
Komunikasi dengan peserta didik
|
Komunikasi saya dengan peserta didik saya rasa lancar-lancar saja, alhamdulillah saya tidak menemukan kendala dalam
aspek ini.
|
||
7.
Penilaian dan evaluasi
|
Untuk memberikan
penilaian kepada peserta didik ,Insya Alloh saya merasa tidak mengalami kendala
dalam hal ini.
|
||
Kepribadian
|
|||
8. Bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial, dan
kebudayaan nasional
|
Menurut
pendapat saya ,saya
sudah berperilaku sesuai dengan norma agama yang saya yakini dan norma-norma
hukum serta sosial yang berlaku baik di sekolah maupun di masyarakat
|
||
9.
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
|
Saya sudah berusaha menampilkan diri
sebagai pribadi yang mantap dan stabil, tidak emosional dalam menghadapi
masalah dan bergaul dengan rekan sejawat dan peserta didik
|
||
10.
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi dan rasa bangga menjadi seorang guru
|
Insya Alloh saya sudah menunjukkan kedisiplinan,
tanggung jawab dalam melaksanakan tugas saya sebagai guru
|
||
Sosial
|
|||
11.
Bersikap inklusif, bertindak objektif serta tidak diskriminatif
|
Selama ini saya selalu berusaha bergaul dengan
rekan sejawat dengan tidak membedaka bedakan gender maupun tingkat sosial,
serta berusaha adil kepada peserta didik.
|
||
12.Komunikasi
dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan
masyarakat
|
Sejujurnya saya belum memiliki keterampilan
berkomunikasi secara ilmiah di forum/komunitas ilmiah baik melalui media
cetak maupun elektronik
|
||
Profesional
|
|||
13.
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung
mata pelajaran yang diampu
|
Saya merasa masih memerlukan penguatan untuk
beberapa topik pelajaran, di antaranya tentang if clause maupun recount
|
||
14.
Pengembangan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
|
Saya masih belum memahami cara
menyusun proposal PTK, melaksanakan PTK, dan menyusun laporan PTK sesuai
standart baku .
|
||
Berbagai hal terkait
dengan pemenuhan dan peningkatan kompetensi inti tersebut
|
|||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk
memenuhi dan mengembangkan 14 kompetensi inti
tersebut.
|
Saya selalu berusaha untuk mengikuti kegiatan MGMP Bahasa Inggris di sekolah
|
||
2. Kendala
yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut.
|
Melawan rasa malas dan faktor kesehatan
karena usia .
|
||
3.
Keberhasilan yang saya capai
setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi inti tersebut
|
Pemahyaman terhadap materi pembelajaran
makin meningkat dan atewnsi siswa terhadap mapel Bahasa Inggris makin
meningkat.
|
||
4.
Pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi
dan mengembangkan kompetensi inti tersebut.
|
Saya masih memerlukan pengetahuan
dan keterampilan mengenai penerapan strategi/model pembelajaran yang
inovatif, pengetahuan dan keterampilan membuat instrumen sikap dan
psikomotor, melaksanakan PTK
|
||
B. Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah
|
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi
dan mengembangkan kompetensi untuk
menghasilkan publikasi ilmiah
|
Saya baru belajar dari rekan guru yang sering menulis karya ilmiah
|
||
2.
Kendala yang saya hadapi dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
|
Kendala yang masih saya hadapi adalah
kesulitan memulai menulis, pikiran takut gagal dan rasa malas karena badan lekas
lelah (faktor kesehatan)
|
||
3.
Keberhasilan yang saya capai
setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan publikasi ilmiah
|
Belum berdampak kepada keterampilan
saya dalam menghasilkan karya ilmiah
|
||
C. Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif
|
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi
dan mengembangkan kompetensi untuk
menghasilkan karya inovatif
|
Membuat modul
pembelajaran sebagai bahan diskusi siswa agar siswa tidak merasa bosan atau
tidak paham
|
||
2.
Kendala yang saya hadapi dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
|
Keterbatasan dalam idea, waktu, sumber belajar dan motivasi untuk berkarya.
|
||
3.
Keberhasilan yang saya capai
setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
|
Ada sedikit gambaran tentang proses
menghasilkan karya inovatip, sekalipun untuk memulai menulis harus
mengalahkan diri sendiri (rasa malas)
|
||
Kompetensi untuk penunjang
pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)
|
|||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi
dan mengembangkan kompetensi penunjang
pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
|
Saya sudah membuat blog
untuk pembelajaran bagi siswa dengan harapan agar interaksi siswa dapat
terbangun dan siswa makin paham atas materi yang saya berikan .
|
||
2.
Kendala yang saya hadapi dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang
berkualitas.
|
Kendala yang masih saya hadapi
adalah jaringan internet di rumah dan sekolah sering bermasalah
|
||
3.
Keberhasilan yang saya capai
setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
|
Pembelajaran lebih menarik karena
ada variasi sumber belajar
|
||
4.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih
saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang
pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
|
Saya masih memerlukan pengetahuan
dan keterampilan mengembangkan pembelajaran berbasis ICT
|
||
D.
Kompetensi untuk melaksanakan tugas
tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)
|
|||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi
dan mengembangkan kompetensi untuk
melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
Belum ada
|
||
2.
Kendala yang saya hadapi dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan
tersebut
|
belum ada
|
||
3.
Keberhasilan yang saya capai
setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
Belum ada
|
||
4.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih
saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
Belum ada
|
No comments:
Post a Comment